Toyota Siapkan Mobil Rp 100 Jutaan Di Indonesia?

Toyota Astra Motor (TAM) mengaku tidak berminat mengikuti program pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan atau dikenal juga dengan Low Cost and Green Car (LCGC).

[imagetag]

Merek mobil paling laris di Tanah Air itu lebih memilih menyerahkan kepada anak perusahaannya, Daihatsu, untuk mengikuti program mobil murah tersebut.

Tapi, belakangan tersiar kabar Toyota justru sedang menyiapkan mobil murah hasil garapannya untuk pasar Indonesia. Mobil yang ditengarai jenis hatchback itu kemungkinkan besar akan lebih dulu dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), September mendatang.

Dikabarkan, harga yang ditawarkan kurang dari Rp100 jutaan . Jika benar, tentu harga tersebut sangat menarik bagi para konsumen di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menegaskan bakal absen dalam program pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan.

"Kami (Toyota) punya saudara, yaitu Daihatsu. Jadi, biarkan mereka yang akan ikut," kata Johnny beberapa waktu lalu.

Daihatsu memang dikenal dengan keahliannya membuat mobil berkapasitas kecil dengan biaya rendah. Alasan itulah yang menjadi pertimbangan Toyota.

Sekadar diketahui, Toyota memiliki mobil dengan harga paling terjangkau untuk pasar India. Mobil itu adalah Etios Liva (hatchback), yang dijual dengan harga mulai Rp76 juta hingga Rp115 juta.

Mobil ini dipersenjatai mesin DOHC 4-silinder berkapasitas 1.197 cc, bertenaga 80 hp pada 5.600 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm. Jantung mekanis ini diklaim pabrikan memilki konsumsi BBM 18,31 km/liter.

Etios Liva memiliki fitur keselamatan dengan dua airbag di depan serta rem ABS/EBD. Untuk kapasitas bagasinya 251 liter. Lalu, apakah ini yang akan dikeluarkan Toyota? Jika kelak diluncurkan di Tanah Air, mobil ini akan menjadi pesaing terkuat Nissan March dan Honda Brio. Jadi, kita tunggu saja. (art)

Sumber

#bcfda5


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar