Siapa saja 10 Orang Terkaya Dunia


Setiap tahun, majalah Forbes selalu mengeluarkan daftar orang-orang terkaya dunia. Tahun ini, mereka mencatat ada 1226 miliuner di seluruh dunia yang memiliki harta total $4,6 triliun atau Rp41.856 triliun. Siapa saja 10 orang terkaya dunia itu?


1. Nama: Carlos Slim HelĂș dan keluarga

Harta kekayaan: $69 miliar/ Rp627,84 triliun (turun)
Sumber: Telecom
Kewarganegaraan: Meksiko


Carlos Slim HelĂș berhasil mempertahankan gelar sebagai orang terkaya dunia untuk ketiga kalinya berturut-turut, meski hartanya berkurang $5 miliar daripada tahun lalu karena turunnya harga saham raksasa telekomunikasi America Movil, lebih dari setengah sumber kekayannya. Slim kini menghabiskan hari-harinya bekerja di Yayasan Carlos Slim dan Yayasan Telmex. Tujuannya: kerja-kerja filantropis yang akan mengembangkan kemampuan manusia.


2. Nama: Bill Gates

Harta kekayaan: $61 miliar/Rp555 triliun (naik)
Sumber: Microsoft
Kewarganegaraan: Amerika Serikat


Orang paling dermawan di planet ini (Gates sudah menyumbangkan $28 miliar) membantu membebaskan polio di India. Gates akan terus menyumbangkan $200 juta per tahun untuk menghilangkan penyakit-penyakit yang masih endemik di Pakistan, Afghanistan, dan Nigeria. Gates juga punya program baru: memperbaiki pertanian. Yayasannya sudah menyumbangkan lebih dari $2 miliar pada petani kecil. Hanya seperempat dari harta Gates berasal dari Microsoft yang harga sahamnya mencapai nilai paling tinggi dalam 10 tahun terakhir sehingga menaikkan kekayaannya  sampai $5 miliar. Sisa kekayaannya berasal dari surat berharga dan saham di Ecolab dan jaringan televisi Mexico, Televisa.


3. Nama: Warren Buffett

Harta kekayaan: $44 miliar/Rp400,3 triliun (turun)
Sumber: Berkshire Hathaway
Kewarganegaraan: Amerika Serikat


Siapa yang akan menggantikan peran Peramal dari Omaha di kepala Berkshire Hathaway? Buffett mengumumkan pada bulan Februari lalu bahwa ia sudah memilih penerusnya, tapi belum memberikan nama. Pada Desember, ia memilih anaknya yang seorang petani, Howard, sebagai ketua non-eksekutif dan "penjaga nilai-nilai perusahaan." Undang-undang pajak yang mewajibkan orang kaya harus membayar pajak minimum 30% disebut "Buffett Rule" untuk menghormati miliuner yang sering menyatakan bahwa orang kaya harus membayar pajak lebih besar daripada orang biasa. Harta Buffett turun $6 miliar karena turunnya harga saham Berkshire sebesar 7% selama setahun terakhir. Dalam buletin tahunannya, Buffett mengaku membuat beberapa kesalahan, termasuk memprediksi akan kembali meledaknya sektor properti.


4. Nama: Bernard Arnault

Harta kekayaan: $41 miliar/Rp373 triliun (sama)
Sumber: LVMH
Kewarganegaraan: Prancis


Pengusaha gaya hidup dan barang mewah sekaligus orang terkaya Eropa, Arnault mengeruk kekayaan dari barang-barang mewah di bawah 'kekaisaran' LVMH. Penjualan naik 16% di Eropa, Asia, Amerika Serikat, terutama penjualan Louis Vuitton.


5. Name: Amancio Ortega

Harta kekayaan: $37,5 miliar/Rp341,2 triliun (naik)
Sumber: Zara
Kewarganegaraan: Spain


Ortega tidak lagi menjadi direktur perusahaan pakaiannya, Inditex, sejak Juli 2011. Meski begitu, perusahaannya terus berkembang. Harga saham naik setahun terakhir, meningkatkan kekayaannya menjadi $6,5 miliar dan memasukkannya ke daftar lima orang terkaya dunia untuk pertama kalinya.


6. Nama: Larry Ellison

Harta kekayaan: $36 miliar/Rp327,5 triliun (turun)
Sumber: Oracle
Kewarganegaraan: Amerika Serikat


Saham Oracle sudah naik turun selama berbulan-bulan. Sempat kembali naik sejak turun Agustus lalu, tapi masih lebih rendah 15% jika dibandingkan tahun lalu akibat perlambatan penjualan raksasa software dan hardware ini. Harta Ellison pun turun $3,5 miliar.


7. Nama: Eike Batista

Harta kekayaan: $30 miliar/Rp272,9 triliun (sama)
Sumber: Tambang, minyak
Kewarganegaraan: Brasil


Pria terkaya di Brasil meraup keuntungan dari minyak bumi. Pengeboran minyak dan gasnya, OGX Petroleo e Gas, menghasilkan minyaknya di sumur pengujian lepas pantai akhir Januari. Dua pertiga hartanya berasal dari perusahaan pengeboran tersebut. Selain itu, ia juga menaruh kekayaan pada emas. Ia membeli Ventana Gold dari Kanada yang akan menambang lokasi dengan deposit emas sangat menjanjikan di Kolombia.


8. Nama: Stefan Persson

Harta kekayaan: $26 miliar/Rp236,5 triliun (naik)
Sumber: H&M
Kewarganegaraan: Swedia


Jaringan toko yang menawarkan pakaian chic H&M membuka toko pertama mereka di Kroasia, Singapura, dan Romania. Kini H&M memiliki 2500 toko di 43 negara.


9. Nama: Li Ka-shing

Harta kekayaan: $25,5 miliar/Rp 232 triliun(turun)
Sumber: beragam
Kewarganegaraan: Hong Kong


Meski jumlah hartanya turun, Li Ka-shing masuk lagi ke daftar 10 orang terkaya dunia untuk pertama kalinya sejak 2007. Ia pun kembali menjadi orang terkaya Asia untuk pertama kalinya sejak 2004. Salah satu kaisar konstruksi, Li mempekerjakan 270 ribu orang di 53 negara. Satu dari tujuh tempat tinggal di Hong Kong dibangun olehnya. Ia juga menguasai sekitar 13% dari lalu lintas kontainer dunia. Li juga adalah investor untuk perusahaan teknologi pemula seperti Facebook dan Spotify.


10. Nama: Karl Albrecht

Harta kekayaan: $25,4 miliar (turun)
Sumber: Aldi
Kewarganegaraan: Jerman


Jaringan supermarket murah miliknya Aldi Sud, memiliki 4500 toko, termasuk 1200 di 32 negara bagian Amerika Serikat. Untuk menekan biaya, Aldi tidak menerima kartu kredit.
[imagetag]

up2det 08 Mar, 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar