5 Cara Jitu Bikin Motor Matik Jadi 'Ngacir'



Belakangan ini sepeda motor matik menjadi pilihan utama bagi para bikers dalam menemani aktifitas yang dijalani sehari-hari. Tapi terkadang performa yang diberikan oleh motor matik ini dianggap kurang bertenaga dibanding motor tipe sport. 

Lantas bagaimana cara untuk meningkat performa motor matik tanpa mengeluarkan biaya yang banyak? 

Berikut tips jitu yang diberikan Arif Bibiw, pemilik bengkel Satria Jaya Motor di Pisangan Lama, Jakarta Timur.

Pertama, penggantian roller merupakan hal paling utama untuk mendongkrak matik Anda. Karena itu dapat memberikan performa tarikan atas dan bawah yang cukup bertenaga. Misalnya pada Honda Vario, di mana biasa melakukan penggantian roller standard dengan roller 10gram dan 14gram.

Kedua, adanya penggantian fanbelt pada matik Anda, dengan ukuran yang lebih tebal dan keras. Penggantian fanbelt akan membuat Anda merasakan tarikan yang lebih responsif pada motor.

Ketiga, untuk sektor pengapian, disarankan juga untuk mengganti busi standard, dengan busi yang memberikan pengapian lebih sempurna, sehingga pembakaran di ruang mesin jelas lebih baik. Anda bisa melirik busi aftermarket seperti merek NGK,TDR, atau sekelas Splitfire dan Iridium Denso.

Keempat. sektor CDI juga memili peran vital. CDI standard bawaan pabrik memang sudah baik dalam menyalurkan arus listrik. Tapi kalau Anda ingin lebih mendongkrak performa matik, tidak ada salahnya melirik CDI aftermarket seperti BRT, Shindengen, ataupun CDI aftermarket lainnya.

Kelima, mengganti koil pada motor matik Anda. Koil aftermarket yang berada di pasaran seperti Kitaco, TDR atau BRT patut dicoba untuk memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian anda.

"Mendongkrak performa tenaga motor matik itu mudah, tidak perlu repot dan hanya membutuhkan biaya yang relatif tidak mahal. Dengan modal uang Rp 1 juta, kita sudah bisa mendapatkan performa yang siginifikan," ( VIVAnews.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar